Friday, November 10, 2017

Hati Hati Dengan Mata Uang Digita Yang Sedang ICO

Cripto curency atau mata uang digital saat ini sedang menjadi trending topik yang sedang hangat hangatnya. Berawal dari Bitcoin yang sukses menjadi mata uang digital yang pertama bisa diterima masyarakat dunia, saat ini bermunculan coin coin baru yang bermunculan. Jumlahnya sendiri tidak tanggung tanggung mencapai ribuan jenis coin. Banyak orang dengan uang yang berlebih beralih dari mata uang nyata ke mata uang digital karena memang banyak sekali keuntungannya. Salah satu keuntungan mata uang digital adalah bebas dari pengawasan pegawai pajak dimanapun tempatnya. Namun dirtikel ini saya tidak akan membahas itu. Disini ini saya akan membahas tentang crytocurency baru yang sedang ICO.



ICO adalah kependekan dari Intial Coin Offering atau bisa disebut juga dengan penawaran perdana coin baru sebelum launcing di market. ICO ini mirip dengan IPO atau penawaran saham perdana sebuah perusahaan. Dengan membeli coin sebelum launcing sama halnya kita menjadi pemegang saham sebuah perusahaan karena kita menjadi investor. Saat membeli coin waktu penawaran perdana kita akan mendapatkan coin dan token. Token ini biasanya akan menjadi catatan kita untuk menerima keuntungan jika coin tersebut berhasil diterima masyarkat. 

Namun perlu diperhatikan jika ingin membeli coin pra launcing tidak semua launcing coin baru itu sukses dan harganya melambung seperti bitcoin, eterum, dan coin coin terdahulu. Banyak sekali coin baru yang scam atau harganya anjlok menjadi minus ratusan atau ribuan persen setelah launcing. Jadi sebelum membeli Intial Coin Offering  perhatikan hal hal berikut.

1. Companya profil pembuat coin.

Mencari tahu siapa pembuat coin baru meneliti bagaimana reputasi pembuat coin baru tentu menjadi hal yang wajib dilakukan. Mengetahui lebih banyak pembuat coin akan menghindarkan kita dari resiko tertipu dan coin bodong yang gagal launcing atau harga anjlog setelah launcing.

2. Review white peper 

Mencari informasi dari web terpercaya wajib dilakukan sebelum membeli coin ICO. Ini menjadi lngkah sederhana supaya kita terhindar dari kerugian.

3. Jangan termakan uforia

Promosi tentu akan dilakukan managemant pembuat coin baru dan kadang kadang promosi itu terlalu berlebihan supaya galangan dana yang mereka dapatkan besar. Semakin tinggi uforia dari promosi sebuah coin baru kita harus semakin waspada.

4. Waspada dengan imbal hasil yang terlalu besar.

Semakin besar imbal hasil yang dibagikan semakin besar pula resiko kita akan tertipu di coin baru tersebut. Jadi jika ada coin baru yang memberikan imbal hasil diatas 10% kita patut waspada.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli Coin ICO. Jangan sampai tertipu seperti teman saya yang membeli TBCCoin sebelum launcing seharga ribuan dolar dan setelah launcing hanya seharga 0,0XX dolar saja.


Emoticon Emoticon