Monday, May 15, 2017

Sudah Tahukah Anda Ciri Ciri Kurma Yang Berkwalitas

Ciri ciri kurma berkwalitas - Saat mendekati bulan ramadan biasanya umat muslim tanah air selalu berbelanja buah khas gurun pasir ini. Ya kurma, buah ini selalu menjadi salah satu makanan untuk berbuka puasa karena memang disunahkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW. Memang lebih mantab rasanya jika saat berbuka puasa ditemani buah manis yang satu ini. Tapi apaka Anda sudah tahu seperti apa sebenarnya buah kurma yang berkwalitas? Karena setahu saya banyak sekali pedagang kurma di tanah air menjual kurma yang memiliki kwalitas kurang baik bahkan jelek. Berikut ini adalah beberapa ciri kurma yang berkwalitas.

Ciri Ciri Kurma Yang Berkwalitas

1. Kulit ari kurma


Salah satu bentuk fisik yang langsung bisa dilihat dari kurma adalah kulit arinya. Kurma dengan kwalitas baik memiliki kulit yang masih utuh jika ada yang mengalami sobek hanya sedikit jumlahnya. Jangan memilih kurma dengan kulit ari yang banyak mengalami kerusakan karena biasanya kurma yang kulit arinya banyak rusak adalah yang sudah terlalu lama.

2. Fisik buahnya segar


Kurma yang dijual dipasaran beragam bentuknya ada kecil dan besar. Tapi salah satu ciri kurma berkwalitas adalah bentuk buahnya yang masih terlihat segar. Jika Anda menemukan kurma dengan bentuk fisik kering dan terlihat layu berarti kurma tersebut sudah terlalu lama dipetik dan mulai mengering. Biarpun bentuk kurma kecil atau besar jika kurma tersebut masih baru pasti akan terlihat segar.

3. Buah terlihat kesat dan tidak lengket


Tentunya Anda sering menemukan buah kurma yang telihat lengket antara buah satu dengan buah yang lain. Jika mendapati buah kurma dengan ciri seperti itu berarti buah kurma tersebut sudah tidak segar lagi dan biasanya rasa manis kurma juga berkuran. Tapi biasa nya penjual kurma mengakali dengan menambahkan cairan madu atau gula pekat supaya kurma kembali manis dan terlihat segar. 

Artikel terkait : 

4. Warna kurma yang masih asli


Pada dasarnya kurma memiliki tiga warna yaitu kuning keemasan, merah dan coklat. Namun banyak ditemukan dipasaran kurma yang berwarna kehitaman. Warna kehitaman berarti kurma sudah kering dan sudah terlalu lama disimpan. Itu berarti kurma dengan warna kehitaman memiliki kwalitas yang lebih rendah dibandingkan dengan kurma yang masih berwana asli.

5. Takai kurma yang masih bagus


Layaknya buah palem yang lain buah kurma juga memiliki tangkai buah. Jika kurma yang dijual belum lepas dari tangkainya berarti kurma tersebut masih baru, meskipun di indonesia jarang ditemui penjual kurma beserta tangkainya.

Itulah tadi ciri ciri kurma berkwalaitas. Namun jika Anda ingin membeli kurma dengan ciri ciri diatas pasti harganya akan lebih mahal dari kurma yang biasa dijual dipasaran.


Emoticon Emoticon