Saturday, April 29, 2017

Kunyit Ternyata Ampuh Untuk Menurunkan Panas Anak

Kunyit Untuk Menurunkan Panas Anak - Untuk bunda tentu sudah pernah mengalami kejadian dimana anak tiba tiba demam dan suhu badan menjadi panas tinggi. Panik tentunya jika hal ini terjadi, Biasanya tindakan paling mudahnya adalah dengan segera anak paracetamol. Tindakan tersebut memang tidak salah namu perlu diketahui juga bahwa paracetamol ini ternyata memiliki efek samping buruk pada kesehatan tubuh. Hal tersebut juga sudah sering dikemukakan oleh para ahli. Apal lagi pada bayi dan anak anak sering memberikan paracetamol saat panas sangatlah buruk. Dikutip dari Dailymail (6/3/2015) .

Tentu konsisi ini akan sangat membingungkan untuk para orang tua terutama para ibu. Karena biasanya paracetamol adalah pertolongan pertama saat anak tiba tiba panas sebelum mendapatkan pertolongan dari dokter. Kali ini kita akan membahas solusi darurat atau pertolongan pertama saat anak mengalami suhu badan panas secara tiba tiba. Tahukah para bunda kunyit ternyata ampuh untuk menurunkan panas anak.


Mungkin kebanyakan orang meremehkan khasiat kunyit untuk menurunkan panas anak karena adanya obat modern. Namun yang pasti kasiat kunyit ini sudah terbukti dari zaman nenek moyang. Tentunya kunyit lebih aman di konsumsi dibanding obat modern karena ini merupakan ramuan berbahan alami. Tentu bunda yang belun mengetahui akan bertanya tanya bagai mana caranya. Berikut ini penjelasan singkat mengenai cara menggunakan kunyit untuk menurunkan panas anak.


Bahan 


2 ruas kunyit kurang lebih seukuran jari orang dewasa
Kunyit Untuk Menurunkan Panas Anak
1 butir telur ayam kampung

Madu asli.
Air putih

Alat


Parutan
Gelas
Sendok
Saringan

Cara Pembuatan


Pertama cuci bersih kunyit kemudian kupas, setelah itu parut kunyit dengan parutan beri air secukunya agar sari pati kunyit dapat diambil. Ambil saringan kemudian saringlah campuran air dan kunyit kemudian ambil air nya dan buang ampasnya. Setelah itu ambil telur ayam kampung pisahkan bagian putih telur dan kuningnya ambil kuning telurnya saja. Campurkan dengan air perasan kunyit dan tambahkan dua sendok makan madu asli, aduk sampai rata. Berikan ramuan ini pada buah hati yang sedang panas untuk diminum. Kemudian tunggu beberapa saat maka akan segera terlihat khasiatnya. Orang jawa menyebut ramuan ini dengan sebutan kunir apu





Boleh dikatakan pengobatan ini agak ribet. Namun tentu nya bunda akan memilih sedikit ribet dari pada harus membahayakan kesehatan buah hati natinya dan ada baiknya kita tidak terlalu tergantung pada obat obat kimia modern yang memiliki efek samping yang tidak bisa di anggap remeh. Selamat mencoba ramuan tradisional kunyit untuk menurunkan panas anak.