Saturday, November 19, 2016

Tempat Wisata di Lombok Ini Cocok Untuk Berlibur

Tempat wisata dilombok ini cocok untuk berlibur. Masih ragu dengan keindahan pantai pantai di Pulau Lombok. Itu mungkin hanya untuk orang orang yang belum pernah berkunjung kelombok. Pantai yang asri pemandangan yang selalu indah dari matahari tebit sampai terbenam tidak salah memang jika dunia mengakui keindahan pulau Lombok. Di sini juga menjadi surga para penghobi surfing. Anda tidak akan pernah menemukan tempat seindah ini dibelahan dunia manapun selain di pulau Lombok

Penasaran dengan tempat wisata dilombok. Berikut ini daftar beberapa tempat wisata cantik yang bisa dijadikan referensi.

Pantai Kuta


Nama pantai kuta yang dibenak Anda adalah salah satu pantai yang berada dipulau dewata. Tapi Anda salah pantai Kuta tidak hanya ada di pulau bali tetapi dipulau Lombok juga ada. Kalau bertanya keindahannya tidak kalah dengan pantai dengan nama yang sama dipulau sebelahnya.
Suasana yang pantai ini tidak seramai pantai kembarannya, tapi disitulah menariknya kita dapat menikmati pemandangan alam dan melepas lelah dengan bebas disini. Tidak hanya itu saja terasa makin asri karena sekelilingnya berpagar bukit bukit. Untuk dapat sampai kepantai ini butuh waktu sekitar satu setengah jam dari pantai senggigi. Tapi itu tidak jadi alasan untuk dapat menikmati indahnya tempat wisata eksotis ini.

Bangko-Bangko, Disert point Lombok


Tempat Wisata di Lombok
Tempat cocok sekali untuk yang suka menantang ombak , terutama penantang ombak yang professional. Untuk yang amatir boleh juga tapi hati hati he he. Bangko-bangko punya gelar kehormatan dari asosiasi surfing internasional. Gelar pantai ini adalah salah satu pantai dari sepuluh lokasi surfing dengan ombak terganas. Jadi untuk yang surfingnya amatiran agak minggir sedikit supaya lebih aman.

Pantai kaliatan


Pantai Kaliantan merupakan salah satu kawasan wisata dibagian selatan  Lombok Timur belokasi di wilayah Kecamatan Jerowaru. Pantai Kaliantan dapat ditempuh melalui route perjalanan dari Kota Mataram kearah Timur menuju Kabupaten Lombok Timur dengan waktu  satu jam dilanjutkan ke arah Selatan melalui Kecamatan Sikur – Sakra – Keruak – Jerowaru – Pemongkong – Kaliantan dengan tambahan waktu tempuh kurang lebih 90 menit.


Waktu tempuh untuk mencapai pantai Kaliantan dari pusat Kecamatan Jerowaru sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 23 km, dan dari Bandara 2,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 92 km. Selain daya tarik panorama alam pantai Kaliantan maka salah satu Atraksi Wisata yang dimiliki Pantai Kaliantan adalah adanya kegiatan seremonial budaya berupa upacara adat Bau Nyale. Adat Bau Nyale merupakan pesta rakyat untuk menangkap hewan laut sejenis cacing laut. Acara ini berlangsung antara bulan Februari – Maret dimana hampir sebagian penduduk pulau Lombok datang ke pantai ini untuk mengikuti berbagi rangkaian acara yang diselenggarakan oleh sebagian masyarakat Lombok, Nyale atau hewan laut sejenis cacing ini menurut kepercayaan sebagian masyarakat sekitar memiliki khasiat dan dapat membawa berkah, misalnya akan dapat mengusir berbagai macam penyakit/hama tanaman yang ada di ladang, sehingga dipercaya dapat meningkatkan hasil pertanian.

Daya tarik wisata lain dari Pantai Kaliantan ini adalah kondisi fisik kawasan pantai yang memiliki ciri khas tersendiri berupa : Jenis  pasir pantai yang berwarn dan bentuknya hampir mirip dengan merica, serta terumbu karang yang masih lestari sehingga sangat cocok untuk tempata wisata menyelam. Tidak hanya itu ombak laut disini cocok di jadikan tempat surfing.

Gili Sunut


Gili Sunut terletak di Dusun Temeak Desa Pemongkong Kec. Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Gili Sunut merupakan Kawasan yang memiliki garis sejajar dengan Kawasan Tanjung Ringgit. Kondisi fisik kawasan pantai ini cenderung landai, berpasir putih dengan tekstur butiran seperti merica dengan karakter air yang tidak berombak dan relatif tenang, karena terdapat pulau-pulau/gili-gili kecil sebagai penghalang ombak samudra Indonesia/Hindia. Kondisi inilah yang sangat mendukung untuk pengembangan atraksi wisata berupa rafting, banana split atau kegiatan wisata pantai, menyelam, maupun sekedar menikmati panorama pemandangan alam. Ditengah pantai terdapat tiga pulau yang oleh masyarakat setempat disebut dengan Gili Petelu.

Saat ini Gili Sunut dihuni oleh 109 kepala keluarga dengan mata pencaharian utama adalah sebagai nelayan. Kondisi umum Gili Sunut dalam mendukung kegiatan wisata cukup potensial terutama untuk pengembangan wisata dan pengembangan usaha budidaya mutiara

Plecing kangkung Lombok


Banyak yang meremehkan kangkung karena kita jarang mendapati sajian yang enak dengan menggunakan sayur jenis ini. Pendapat itu mungkin akan segera berubah jika Anda merasakan Plecing Kangkung, masakan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang biasanya disajikan dengan Ayam Taliwang.Plecing Kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar plus sambal tomat. Sambal tomatnya dibuat dari rajikan cabai rawit, garam, terasi, dan tomat. Plecing Kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti tauge, kacang panjang, kacang tanah goreng ataupun urap.

Kangkung yang digunakan untuk memasak Plecing ini juga sangat khas. Tidak seperti tanaman kangkung yang biasa tumbuh di Pulau Jawa, kangkung khas Lombok ini berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kangkung dengan batang yang besar dan renyah. Kangkung di daerah ini memang sangat terkenal, teksturnya lembut sehingga tidak terasa alot walaupun kita makan hingga ke batangnya. Tak heran jika kangkung Lombok menjadi alternatif oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat.

Nasi balap puyung.


Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ternyata tidak hanya surga pantai, namun juga makanan enak. Anda harus merasakan Nasi Balap Inaq Esun yang pedasnya membuat orang ketagihan. Makanan yang sudah merambah hingga pasar mancanegara ini harus Anda masukkan kedalam daftar sajian kuliner yang harus dicicipi.

Secara tampilan, menu Nasi Balap Puyung ini tidak terlalu istimewa. Hanya berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Kekuatan makanan ini adalah terletak dari rasa pedas bumbunya yang sederhana. Sedangkan bumbu ayamnya terdiri dari cabai, bawang putih dan terasi. Untuk perbandingan, jika kita memasak 10 kg ayam, komposisi cabainya sekitar 1 kg dan sedikit bawang putih serta terasi.

Desa Sukarara


Jika Anda pencinta kerajinan tenun, Desa Sukarara adalah tempat wisata yang tepat untuk Anda berburu beragam cinderamata khas Lombok berupa kerajinan tenun seperti kain songket. Kerajinan tenun di sini masih menggunakan pewarna alami dari akar dan daun pepohonan. Anda bisa melihat proses pembuatan tenun yang dilakukan oleh para wanita dari desa ini.

Desa Loyok


Desa Loyok terletak di Kabupaten Lombok Timur,  tempat wisata NTB ini sudah dikenal dengan hasil kerajinan yang terbuat dari anyaman bambu dan rotan dengan kwalitas yang bagus. Berbagai cinderamata khas Lombok yang ada disini sangat sayang jika Anda berwisata ke lombok tidak mampir ke desa loyok. 

Desa Sekarbela


Desa Sekarbela sudah terkenal sejak dulu dikalangan pecinta perhiasan dan asesoris. Karena di sini Anda bisa mendapatkan cinderamata yang terbuat dari mutiara dengan beragam bentuk. Tempat wisata belanja di Lombok ini bisa ditempuh sekitar 4km dari Kota Mataram. Sangat rugi jika ke lombok tidak membawa pulang perhiasan mutiara khas lombok.


Itu tadi beberata tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di pulau lombok


Emoticon Emoticon