Saturday, February 6, 2016

Tips Mudah Menurangi Rasa Asin Pada Ikan Asin Dengan Garam

Menurangi Rasa Asin Pada Ikan Asin – Siapa orangnya yang tidak tahu dengan yang namanya ikan asin di Indonesia ini. Karena ini merupakan makanan yang paling merakyat di negara kita. Tidak sedikit yang menyukai makan yang terbuat dari ikan yang diawetkan dengan cara digarami kemudian dikeringkan ini. Harga ekonomis tentu menjadi alasan utama ikan asin menjadi salah satu jenis makan yang sangat di gemari selain juga praktis cara penyajiannya.

Tetapi ada sedikit masalah dengan rasa ikan asin ini. Karena proses pembuatannya adalah dengan digarami kemudian di keringkan kadang kadang makanan ini menjadi terasa sangat asin dan itu menjadi halangan buat kita untuk menikmati gurihnya ikan asin. Namun jangan kawatir kali ini Naturaltipsbody.co.id akan mencoba membahas dan memberi solusi mengatasi masalah rasa ikan asin yang terlalu asin ini.

Menurangi Rasa Asin Pada Ikan AsinKali ini yang akan kita gunakan adalah garam untuk memproses ikan asin ini karena bahan ini merupakan bahan yang aman. Muangkin bagi kebanyaka orang cara ini akan sedikit aneh tetapi secara ilmiah cara ini logis. Karena dalam proses ini sederhananya adalah kita akan mengeluarkan konsentrasi kandungan garam yang terdapat didalam daging ikan asin  dengan kandungan konsentrasi garam yang lebih tinggi pada air. Bagai mana cara nya , berikut ini penjelasan singkatnya.

Bahan Bahan Yang Harus Disiapkan


  • Ikan asin kwalitas bagus
  • Air bersih
  • Garam beryodium
  • Wadah untuk merendam ikan asin


Caranya Pengolahannya


Pertama ambil air masukan kedalam wadah kurang lebih cukup untuk merendam ikan asin agar terendam sempurna. Kemudian masukkan garam sambil aduk terus menerus hingga larut sampai kandungan garam pada air benar benar pekat atau sangat asin. Kenapa harus sangat asin? Karena jika tidak cara ini tidak akan berhasil karena  kandungan garam pada daging ikan tidak akan terhisap keluar. Setelah yakin air sudah sangat asin (untuk mengetahui asin belum boleh dicicipi) kemudian masukan ikan asin kedalam air garam  pekat tadi. Biarkan ikan asin terendam kurang lebih 10 sampai 15menit. Seetelah itu angkat kemudian cuci bersih dengan menggunakan air tawar. Tiriskan beberapa saat agar kandungan air pada ikan berkurang baru ikan siap digoreng.

Jangan percaya dulu Tips Mudah Menurangi Rasa Asin Pada Ikan Asin Dengan Garam ya sebelum membuktikannya. Tetapi jika terbukti berhasil silahkan kembalilagi dan tinggalkan komentar dan jangan lupa share artikelnya. Selamat mencoba !!!