Wednesday, February 10, 2016

Mudahnya Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung - Untuk saat ini penyakir jantung merupakan salah satu penyakit penyebab kematian yang paling ganas. Untuk orang awam kebanyakan penyakit ini tidak terdeteksi sampai berakibat fatal pada penderitanya. Berdasarkan pengalaman yang saya ketaui di masyarakat kebanyakan orang mengira penyakit jantung ini sebagai penyakit yang mereka kenal sebagai penyakit angin duduk.

Siaps orangnya yang tidak ingin selalu sehat. Namun banyak orang melakukan hal hal yang mereka anggap sepele namun sangat berbahaya pada kesehatan. Utamanya jantung, banyak sekali kebiasaan ang baik yang bisa dilakukan untuk menjaganya agar tetap sehat. Ini adalah kebiasaan yang mudah dilaukan namun sering sekali ditinggalakan. Apa saja hal mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

1. Menjaga Asupan Nutrisi Makanan

Menjaga Kesehatan JantungDizaman modern ini sangat sedikit orang yang masih mau memeperhatikan apa yang mereka makan. Padahal kondisi ini akan berakibat sangat buruk kepada kesehatan tubuh utamanya dampak kepada jantung. Makan makanan capat saji yang memiliki kandungan kolesterol tinggi dan bahan kimia berbahaya yang dapat mengakibatkan kesehatan menurun secara drastis.

Jadi jika Anda benar benar ingin menjaga jantung tetap sehat sampai tua menjaga Asupan nutrisi makanan sangatlah penting. Mulai mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah buahan organik bisa menjadi alternatif yang baik untuk memjaga kesehatan jantung. Mengurangi jumlah konsumsi makanan yang memiliki kandungan kolesterol jahat. Selain hal ini baik untuk jantung ini juga sangat baik untuk pencegahan bergabai penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes dan stroke.

2.  Rutin Berolahraga

Salah satu aktifitas yang sudah ditinggalkan kebanyakan orang saat ini adalah olahraga. Olahraga untuk menjaga kesehatan jantung tidak perlu yang berat hanya dengan gerakan olahtubuh ringan seperti kembali memulai kegiatan jalan kaki setiap hari yang saat ini sudah digantikan dengan naik kendaraan bermotor. Kebiasan jalan kaki pada zaman dahulu adalah lumrah makanya orang zaman dahulu sangat sedikit yang terkena serangan penyakit jantung,

Mulai membiasakan dan menjadwal rutin joging ringan berenang dan bersepeda adalah salah satu olahraga yang sangat mudah dilakukan. Jika memungkinkan pergi ke gim akan lebih baik lagi. Tidak sulit sebenarnya memnjaga agar jantung tetap selalu sehat. Hanya dengan kembali kerutinitas baik dimasalalu yang sudah terbukti membuat kakek dan nenek buyut kita tetap sehat hingga usia tua.

3. Menghindari Merokok

Banyak orang yang melakukan kebiasaan buruk ini. Jika diingatkan mereka tentu akan sangat keras membantah, namun pada kenyataannya orang jika dibandingka orang yang memiliki kebiasaan meroko dan tidak tentu lebih sehat yang tidak merokok utamanya kesehatan jantung mereka. Jadi jika Anda seorang perokok, menghentikan secepatnya kegiatan merokok akan lebih baik untuk menjaga kesehatan jantung. Namun jika Anda bukan perokok tidak mencoba rokok adalah hal terbaik supaya jantung tetap sehat.

Menghindari merokok menurut saya sebenarnya bukanlah sebuah hal yang sulit. Itu semua kembali ke diri sendiri. Tergantung seberpa kuat niat dan keinginan.

4. Menghindari Minuman Beralkohol

Tidak jauh beda dengan merokok minum minuman beralkohol akan memiliki dampak yang sangat buruk untuk kesehatan jantung liver dan lain lainnya. Jadi menghindari minuman beralkohol adalah hal yang wajib dilakukan jika ingin jantung sehat sampai tua.

5. Menghindari Stress

Mungkin untuk yang satu ini adalah hal yang sulit dihindari. Namun denga tetap menjaga fikiran tetap fress tidak terlalu menambah tekanan jiwa adalah salah satu langkah terbaik dalam menjaga kesehatan jantung. Selalu menyempatkan diri pergi liburan dan berkumpul dengan keluarga adalah salah satu cara mengurangi resiko timbulnya stress. Pikiran fress jantung menjadi sehat mudah bukan.

Itu adalah lima langkah yang mudah yang bisa dijalani untuk menjaga kesehatan jantung.

Catatan : waspadai gejala berikut yang berkaitan dengan serangan jantung pertama dada terasa nyeri, kemudian sesak nafas dan jantung berdebar debar.