Tuesday, October 21, 2014

Manfaat Luar Biasa Daun Sembukan Sebagai Obat Tradisional

Daun sembukan, begitulah orang di indonesia menyebutnya jika di negara china di sebut sebagai ji shi teng. Daun sembukan mempunyai ciri khas berdaun lebar dengan batang yang menjulur mengikuti benda yang ada di dekatnya sebagai tempat untuk merambat dan tumbuh. Ciri khas utama daun ini terletak pada aromanya yang sangat khas, yaitu seperti aroma saat buang angin. Sehingga tak jarang di beberapa daerah orang lebih familiar dengan nama daun kentut saja.

daun sembukan

Namun tahukah anda bahwa efek dari daun yang di juluki daun kentut tersebut sebagaian besar manfaatnya memang untuk daerah lambung dan sistem pencernaan. Apa saja manfaat luar biasa daun sembukan bagi kesehatan?

  • Mengatasi perut mules dan kembung


khasiat utama daun ini sangat mujarab jika di gunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi perut mules dan kembung karena masuk angin. Cara penyajianya cukup rebus 30 lembar daun tersebut hingga matang layaknya lalapan dan rasakan manfaatnya. Sebagai tambahan untuk mempercepat proses keluarnya angin, beberapa persen penduduk indonesia percaya dengan mengikat daun yang di layukan di atas api terlebih dahulu, kemudian mengikatnya di area perut yang sakit maka akan mempercepat penyembuhan. Sehingga untuk jenis sakit perut di bantu dari luar dan dalam.

  • Sebagai obat disentri dan gastritis


Disentri dan grastrittis merupakan penyakit yang sangat beresiko untuk area lambung, sebagai obat tradisional cukup siapkan 16 sampai 60 gram daun sembukan yang masih segar, cuci sampai bersih kemudian haluskan hingga menjadi bubur. Tambahkan 1 sampai 2 sdt garam dan 1 gelas air matang, aduk secara perlahan hingga merata, sebelum meminumnya saring terlebih dahulu ampas daun sampai bersih.

  • Mata bengkak 


Selain untuk mengobati bagian bagian perut, daun sembukan juga bisa membantu mengurangi rasa panas pada mata yang bengkak. cara pemakaianya, cuci hingga bersih  10 lembar daun sembukan, kemudian rebus hingga mendidih dan mengeluarkan uap. Tuangkan godokan daun tersebut di atas baskom atau mangkuk, kemudian uapi wajah anda pada uap yang membumbung keluar, ketika air sudah berubah menjadi hangat, ambil beberapa lembar daun tersebut dalam kondisi masih hangat, tempelkan pada mata dan bungkus dengan kain sampai daun terasa dingin. Lakukan proses berulang ulang untuk mendapatkan kehangatan daun.

  • Gatal- gatal


Daun ji shi teng ini juga bisa mengurangi rasa gatal pada kulit atau neuredermatitis, cukup haluskan beberapa daun dan tempelkan pada bagian kulit yang terasa gatal

Selain beberapa manfaat di atas daun kentut juga terkenal sebagai obat tradisional untuk menambah nafsu makan, anti reumatik, meredakan rasa sakit, obat cacing, anti biotik dan anti radang. Sehingga tak jarang seorang ibu yang memiliki anak bayi yang menderita perut kembung selalu menempelkanya sebagai obat tradisional ampuh dan mujarab.