Monday, October 13, 2014

Khasiat Buah Ciplukan Untuk Obat Tradisional Herbal Mujarab

Apa saja manfaat tanaman ciplukan untuk kesehatan tubuh?

Ciplukan Yang dalam bahasa latinya di sebut sebagai Physalis angulata merupakan jenis tanaman liar yang umum kita jumpai di daerah persawahan. Biasanya tumbuhan tersebut dapat tumbuh dengan baik dan subur setelah para petani usai menuai hasil panenya. Tanaman ciplukan terdiri dari daun, buah, batang dan akar. Bahkan di beberapa daerah khususnya perkotaan, ceplukan biasanya juga di perjual belikan, mengingat manfaatnya yang luar biasa untuk mengobati penyakit dan demi kesehatan tubuh.

tanaman ciplukan
Tanaman ciplukan

Tahukah anda, dari semua struktur tanaman ciplukan tersebut dapat membantu mengobati penyakit yang bisa di kategorikan dalam penyakit berat. Namun banyak orang yang selama ini memandang sebelah mata tanpa mengetahui khasiat obat tradisional tersebut, dan hanya merasakan buahnya yang manis saja tanpa mengetahui khasiat mujarab dari batang, daun dan akarnya. Zat bermanfaat dalam tanaman ciplukan terdiri dari :

  1. vitamin C ,  gula, fisalin, tanin, kriptoxantin, polifenol dan steroid terletak pada  buahnya
  2. Asam palmitat, stearat terletak pada biji buahnya.
  3. flavonoid dan saponin terletak pada daun dan tunas
  4. alkaloid terletak pada akarnya 
  5. chlorogenic acid terletak pada batang dan daun
Selain zat bermanfaat di atas masih ada zat lainya seperti asam malat, asam sitrun, dan H2o yang semua zat- zat tersebut dapat membantu kesehatan tubuh anda.

Jika anda penasaran apa saja khasiat serta manfaat tanaman ciplukan? simak sajian berikut ini di mulai dari :


  • Manfaat Akar tanaman ciplukan

- Mengobati penyakit diabetes melitus,
cara menyajikan sebagai obat tradisional sebagai berikut
- pilih tanaman yang sudah berbuah dan berumur, cabut tanaman tersebut dan ambil bagian akarnya kemudian bersihkan, sebelum di rebus, ada baiknya diamkan beberapa saat akar ciplukan tersebut sampai menjadi layu. Kemudian  rebus  akar ciplukan dengan 3 gelas air bersih, tunggu sampai rebusan tersebut benar benar mendidih dan hanya tersisa satu gelas saja. Berikutnya ambil air yang tersisa dan saring hingga bersih dari akar, minum satu kali sehari dan lakukan secara rutin.


  • Manfaat buah ciplukan

- Mengobati penyakit ayan/ epilepsi
Jika anda atau anggota keluarga ada yang mengidap penyakit berbahaya ini, ada baiknya mengkonsumsi sekitar 8 sampai 10 butir setiap harinya, kandungan pada buah ciplukan dapat membantu mengatasi ayan secara berkala.

- Menurunkan darah tinggi
Khasiat buah ciplukan lainya adalah sebagai obat tradisional yang dapat membantu menurunkan darah tinggi/ hipertensi. Cara penyajian: ambil buah ciplukan sebanyak 5 gram saja, rebus dengan air sebanyak 110 ml selama kurang lebih 10 samapai 15 menit sambil terus di aduk. setelah sampai waktu yang di tentukan, saring air rebusan dan dinginkan sejenak kemudian minum 2 kali sehari. Hal yang perlu di ingat adalah janganlah terlalu lama menyimpan karena akn mengurangi bahkan menghilangkan senyawa yang ada.

-Mengobati sakit paru- paru
Khasiat lainya adalah membantu mengobati penyakit paru- paru, namun kali ini bukan hanya buahnya saja, melainkan semua struktur pada tanaman mulai dari akar, daun, bunga, batang dan buah rebus sampai mendidih dengan air sebanyak 3 sampai 5 gelas saja, dan seperti sebelumnya saring kemudian minum secara rutin 3 X sehari


  • Manfaat daun ciplukan

-  Mampu melawan kanker
wow, hal yang sangat luar biasa, menurut beberapa penelitian kesehatan, steroid pada daun dan buah ciplukan bisa membantu melawan dan membunuh sel- sel ganas yang tumbuh dalam tubuh. Dan study tersebut juga menyatakan bahwa ekstrak tanaman ciplukan dapat mengecilkan ukuran tumor kanker.