Sunday, October 12, 2014

Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Bayi

Cara mengobati sakit gigi pada bayi - Kita tahu bahwa bayi bisa mulai belajar berbicara di mulai dari umur 1 tahun, dan saat itu kategori berbicara si bayi masih dalam kondisi asal berbicara atau mengoceh. Dengan menangis biasanya mereka menyampaikan sebuah pesan kepada orang tua terkait apa yang di rasakan dan di alamai saat itu. Perlu anda ketahui bahwa bayi menangis itu di sebabkan oleh beberapa faktor, selain demam, gerah, mengompol, dingin dan lapar ternyata seorang bayi juga bisa mengalami sakit gigi. Hal ini biasanya di alamai ketika  gigi akan tumbuh ke permukaan yang biasanya terlihat putih pada gusi, Dan dengan tumbuhnya calon gigi tersebut biasanya di iringi rasa nyeri yang tidak ubahnya seperti orang dewasa saat mengalami sakit gigi atau gusi.

sakit gigi bayi

Untuk mengatasi sakit gigi gigi pada bayi anda, simak tips berikut ini. Yaitu cara memberikan rasa nyaman pada gusi bayi dan memberikan benda atau makanan yang bisa mengurangi  rasa nyeri pada anak bayi anda:

  • Pijat pada area gusi


Langkah pertama pastikan jari anda dalam keadaan bersih, jika pada gusi bagian bawah yang akan mengalami tumbuh gigi, pijat dengan arah ke bawah pada garis gusi bayi anda dan begitu juga sebaliknya jika terjadi pada gusi bagian atas, pijat pelan pelan dengan mengarah ke atas. Selain menggunakan jari, anda juga bisa menggunakan kain yang bersih dan lembut yang bisa memberikan efek nyaman pada gusi.

  • Berikan mainan


Mainan di sini adalah jenis mainan yang bisa di gigit oleh si bayi, dalam arti tidak boleh sembarang mainan. Ada baiknya konsultasikan ke dokter gigi mengenai jenis mainan yang aman serta sesuai dengan struktur gusi pada bayi, hal ini juga bisa mengurangi rasa nyeri pada gusi bayi anda

  • Berikan buah/ sayuran

Jika bayi anda mengalami tumbuh gigi, berikan makanan yang mempunyai sifat kenyal, seperti contoh wortel. Caranya rebus terlebih dahulu wortel tersebut  dan suapkan kepada bayi anda terlebih ke area gusi yang sakit.

Jenis makanan yang lain adalah buah pisang, karena strukturnya yang lembut buah ini aman untuk mengobati gusi bayi anda. Akan lebih baik lagi jika buah pisang tersebut di simpan pada kulkas terlebih dahulu, karena rasa dingin yang di timbulkan jika menyentuh area gusi akan mengurangi rasa nyeri.

Baca juga :  4 Sebab Bayi Menangis

Berikan keju, Rasa kenyal pada keju juga bisa mengurangi nyeri pada gusi bayi anda, dan juga jika di berikan dalam kondisi dingin akan sangat membantu proses pengurangan rasa nyeri

Berikan buah alpukat yang sudah matang, pastikan juga dalam kondisi masih dingin

Nah! buah buahan di atas selain mengandung Vitamin, mineral dan anti oksidan yang baik sehingga dapat mengurangi rasa nyeri akibat pertumbuhan gigi, ternyata jika bayi anda sering mengkonsumsinya akan membuat pertumbuhan gigi lebih sehat. Itulah tadi beberapa cara mengobati sakit gigi pada bayi semoga bermanfaat.