Friday, October 24, 2014

6 Khasiat Cacing Tanah Untuk Kesehatan


6 Khasiat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Cacing tanah, dari sekian banyak penduduk di dunia ini secara keseluruhan mengenal cacing tanah, bahkan beberapa persen di antaranya merasa geli atau j*j*k saat melihat bentuk hewan yang satu ini khususnya perempuan . Cacing tanah untuk beberapa lokasi di indonesia juga sengaja di budidayakan, yang hebatnya lagi ada manfaat mengaggumkan dari apa yang terkandung di dalamnya.

cacing tanah
cacing tanah

Mungkn selama ini banyak pihak yang mengetahui bahwa cacing tanah hanya bisa untuk mengobati penyakit tifus saja. Memang itu benar adanya, bahkan untuk di beberpa negara cacing tanah di budidayakan sebagai ekstrak suplemen obat dan juga kecantikan. Selain itu cacing tanah selama ini di kenal sebagai hewan pengurai tanah yang paling baik, sebagai umpan memancing dan juga umpan hewan jenis unggas.

Tahukah anda selain dari beberapa manfaat luar biasa di atas, ternyata cacing tanah juga sangat ampuh untuk kesehatan selain daripada sekedar obat penyakit. apa saja manfaat cacing tanh untuk kesehatan tubuh kita?

  • Sebagai obat diare


Diare merupakan jenis penyakit yang rawan menyerang pada musim- musim tertentu, yang mana diare dapat timbul di sebabkan oleh bakteri Escherichia coli dan Shigella , Untuk mengobati jenis diare tersebut cacing tanah adalah obat tradisional yang paling mujarab, khususnya diare disentri.

  • Memperlancar sirkulasi darah 


Selain mengandung anti bakteri sebagi obat diare, cacing tanah juga mempunyai kandungan enzim yang berfungsi menghancurkan lemak jahat dalam tubuh, sehingga sirkulasi darah dapat berjalan stabil. Untuk itu sering kita mendengar bahwa cacing tanah di gunakan sebagai pengobatan pasien yang menderita stroke dan hipertensi.

  • Meningkatkan Stamina


Cacing tanah juga memilik sebuah kandungan yang bernama taurin yang berfungsi meningkatkan metabolisme lemak dalam tubuh, merubahnya menjadi energi. Cara ini juga sangat cocok jika di apliasikan untuk perempuan yang sedang melakukan diet.

  • Melancarkan saluran pencernaan 


Kandungan di dalam tubuh cacing tanah juga terdapat enzim katalase dan selulosa, kedua enzim tersebut sangat di perlukan untuk membantu proses metabolisme tubuh. Sehingga dapat membuat struktur pencernaan menjadi halus dan tanpa gangguan.

Baca juga : Khasiat Buah Ciplukan Untuk Obat Tradisional Herbal Mujarab

  • Mempercepat penyembuhan luka 


Luka sayatan ataupun luka luar tubuh dapat segera pulih dengan mengonsumsi ekstrak cacing tanah, di dalamnya terkandung asam arikodonat yang dapat membantu terbentuknya kembali sel sel yang rusak akibat luka.

  • Menjaga kulit tetap sehat 


Alfa tokeferol pada cacing tanah dapat menyehatkan kulit, bukan berarti bahwa manfaatnya menyehatkan kulit anda serta merta membalurkan cacing pada tubuh, sekarang banyak sekali kosmetik yang di buat menggunakan bahan baku cacing tanah.