Saturday, June 10, 2017

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat Darah Tinggi

Beberapa tahun tahun terakir tanaman herbal melejit nama nya untuk pengobatan berbagai penyakit berat. Salah satunya adalah daun sirsak. Sekitaran tahun 2009 daun bernama latin Anona muricatha ini tidak luput terangkat pamornya bahwa daun nya bermanfaat untuk pengobatan berbagai macam penyakit berat dan ringan diantaranya kanker, pembasmi kutu, darah tinggi dan beberapa penyakit lain. Kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara mengolah daun sirsak untuk obat darah tinggi. berikut ini caranya.

Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

1. Mengolah teh daun sirsak


Sebenarnya teh daun sirsak sudah banyak beredar dipasaran. Namun jika tidak yakin dengan keaslian produk dipasaran dan ingin membuat sendiri teh daun sirsak untuk obat darah tinggi. Pertama siapkan bahan berupa daun sirsak muda kurang lebih 0.5kg setelah itu cuci bersih. Selanjutnya siapkan nampan tata daun sirsak merata diatas nampan atau wadah lain yang sesuai. Kemudian jemur dibawah terik matahari hingga benar benar kering. Setelah itu daun bisa dilembutkan seperti teh tubruk dan siap dijadikan teh daun sirsak untuk obat darah tinggi. Untuk takaran tehnya sendiri adalah 1 sendok makan setiap kali seduh sehari bisa dua kali penggunaan.

2. Mengolah daun sirsak dengan direbus


Cara lain mengolah daun sirsak untuk obat darah tinggi adalah dengan merebus dan mengambil airnya. Bahan nya kurang lebih sama dengan cara pertama yaitu daun sirsak muda. Bedanya cuma jumlahnya, untuk direbus ambil 10 lembar daun sirsak muda, siap kan air 2 dua gelas kemudian rebus hingg tinggal sisa 1 gelas tunggu dingin dan air rebusan daun sirsak siap di manfaatkan obat darah tinggi.

3. Mengolah daun sirsak dengan di extraksi


Untuk yang ke cara mengolah daun sirsak yang ketiga ini cukup sulit dan lama. Biasanya pengolahan ini hanya dilakukan olah toko obat herbal besar atau sinsei saja. Cara mengextraksi daun sirsak pertama ambil daun sirsak muda dalam jumlah banyak minimal 3 kilo rebus hingga beberapa saat hingga sari daun sirsak menyatu dengan air setah itu keluarkan daun sirsak dari dalam air dan lanjutkan merebus air rebusan daun sirsak serta tambahkan gula khusus. Rebus terus hingga air rebusan daun sirsak yang sudah dicampur gula kusus mengkristal dan kering. Setah itu extrak daun sirsak bisa di konsumsi untuk obat untuk darah tinggi

Itulah tadi tiga cara mengolah daun sirsak untuk obat darah tinggi yang bisa dilakukan dirumah.


Emoticon Emoticon