Thursday, May 18, 2017

Tehnik Rahasia Membuat Bibit Lele Cepat Beradaptasi

Pernah membeli bibit ikan lele tetapi saat kamu tebar dikolam mati semua, he hee kasian deh lo. Sudah keluar duit banyak capek tenaga malah bibit lele mati semua. Pasti kamu jengkel setengah mati. Ada beberapa faktor penyebab kematian ikan tersebut yang pertama ikan sudah sakit dari tempat pembenih yang kedua salah langkah mengadaptasikan bibit kekolam baru. Disini saya akan membagikan beberapa tehnik mengadaptasikan bibit ikan lele di kolam baru. Ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan dan lakukan disini, diantaranya.

Rahasia Membuat Bibit Lele Cepat Beradaptasi

1. Persiapan kolam


Ini salah satu hal wajib dan penting kamu perhatikan, sebelum membeli bibit ikan lele kolam mu harus benar benar sudah siap. Siap disini antara lain siap kebersihan dan kesehatan kolam, kondisi air harus benar benar menuhi syarat hidup ikan. Sudah diisi dengan kedalam air yang ideal untuk syarat hidup dan tumbuh ikan lele. Banyak petani lele baru yang tidak tahu syarat kolam dan air yang baik supaya lele bisa cepat beradaptasi.

2. Memberi pelindung kolam 


Salah satu rahasia supaya bibit ikan lele lebih cepat beradaptasi adalah dengan memberikan pelindung di bagian kolam. Pelindung ini biasanya menggunakan paranet. Tujuannya adalah supaya bibit yang baru ditebar tidak terpapar panas matahari langsung saat cuaca panas. Karena jika terpapar matahari yang terlalu panas dan tanpa perlindungan ikan rentan terkena penyakit cacar. Tapi jika cuaca cendrung redup pelindung ini tidak perlu digunakan.

3. Cara menebar bibit yang benar


Ini salah satu hal paling penting yang menentukan bibit bisa beradaptasi atau tidak. Kebanyakan orang menganggap ini sepele tapi kenyataannya banyak bibit ikan lele gagal beradaptasi karena salah tebar. Cara menebar bibit ikan lele yang benar sebagaiberikut, pertama masukan wadah berisi bibit ikan lele ke kolam tunggu 2 hingga tiga menit. Ini bertujuan menyamakan suhu air dalam wada dan suhu air kolam. Setelah itu masukan sedikit demi sedikit air kolam kedalam wadah bibit sampai ikan mau keluar sendiri kekolam tanpa dipaksa. Cara ini bertujuan supaya ikan mau langsung beradapatasi dengan habitat baru. 

4. Cara pemberian pakan


Kesalahan yang sering dilakukan kebanyakan orang yang baru memelihara ikan lele adalah pemberian pakan. Kebanyakan orang akan langsung memberi pakan pada bibit lele yang ditebar, ini salah karena akan membuat lele sulit beradaptasi.  Cara yang benar memberi pakan bibit lele yang baru ditebar adalah menunggu hingga minimal 24 jam dari pertama tebar. Pada kondisi lapar ikan akan lebih cepat beradaptasi. Ukuran pakan dan jumlah pakan juga sangat mempengaruhi tingkat keberhasil adaptasi bibit ikan. Lebih jelas bisa baca tehnik yang benar memberikan pakan lele.

Empat hal tersebut adalah rahasia membuat bibit lele cepat beradaptasi yang jarang diketahui.


Emoticon Emoticon