Friday, May 19, 2017

Kolam dan Air yang Baik Supaya Lele Bisa Cepat Beradaptasi.

Salah satu penentu keberhasilan dalam budidaya ikan lele adalah tingkat keidupan bibit ikan yang bagus. Dikatakan berhasil dalam memelihara lele adalah saat kita bisa mempertahankan tingkat kehidupan bibit yang kita tebar minimal 85% dari jumlah semuanya. Jika dibawah itu berarti harus belajar lagi lebih banyak mengenai cara memelihara ikan lele. Ada beberapa faktor penting yang mempengaruhi tingkat kehidupan ikan. Disini saya akan menjelaskan tentang kolam dan air yang baik supaya lele cepat beradaptasi.


1. Syarat kolam lele yang baik



Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya ikan lele bisa cepat beradapatasi dan tumbuh normal. Pertama kedalaman kolam, kedalaman kolam harus dibuat minimal 1,2 meter dengan kedalaman air 0,75meter sampai 0,85meter. Kedalaman kolam ini memiliku dua tujuan yang pertama supaya ikan tidak melompat keluar kolam yang kedua supaya suhu air stabil.

kolam yang baik


Syarat kedua kolam dalam kondisi bersih, maksudnya disini adalah jika kolam dalam kondisi baru baik yang terbuat dari terpal ataupun semen semua harus sudah di cuci hingga bersih dan tidak lagi berbau. Jika masih kondisi berbau berarti kebersihan kolam belum memenuhi syarat untuk lele hidup dan beradaptasi.

Syarat ketiga harus mendapat sinar matahari yang cukup. Ini bertujuan supaya pertumbuhan ikan normal dan tidak mudah terserang penyakit. Karena saat matahari kurang biasanya pertumbuhan ikan menjadi tidak merata nafsu makan berkurang dan gampang sakit. Mengenari penakit ikan lele bisa baca artikkel tentang penyakik ikan lele yang bisa berakibat fatal. Meskipun lele membutuhkan sinar matahari namun jika terlalu panas juga akan berakibat kurang baik. Jadi jika kolam terlalu terik mendapat sinar mata hari kolam juga harus diberi pelindung.

Syarat ketiga kolam yang baik sanitasi yang baik. Sanitasi ini wajib hukumnya bila ingin ikan lele dapat hidup dan tumbuh normal. Sanitasi berfungsi untuk mengurangi air kolam yang sudah kotor dan menambahkan dengan air bersih. Banyak orang mengatakan jika ikan lele bisa hidup dan tumbuh di kondisi air yang buruk, itu salah besar. Ikan lele sebenarnya hanya bisa hidup dan tumbuh di air yang memenuhi syarat saja. Jadi tanpa sanitasi kolam yang baik jangan berharap ikan lele bisa tumbuh dan dengan baik.

2. Syarat air kolam yang baik


Karena air merupakan habitat hidup ikan tentu harus menggunakan air yang sehat. Dengan air yang baik ikan lele akan bisa beradaptasi dantumbuh dengan baik. Air yang baik harus memenuhi syarat berikut.

air kolam yang baik

Pertama harus berasal dari sumber yang tidak tercemar bisa menggunakan air sumur air sumber, atau air sungai yang penting dicemari bahan yang berbahaya untuk ikan. 

Kedua Air harus mengandung plangton. Jika air yang kamu masukan kekolam berupa air bening bisa ditambahkan bibit plangton yang dapat dibeli ditoko perikanan. Tunggu minimal 4 hari sampai air berubah warna menjadi hijau bening.

Artikel terkait : Ciri ciri bibit ikan lele yang sehat

Ketiga air bebas lumut. Untuk syarat yang ketiga ini tidak banyak orang yang mengtahui jika air kolam banyak mengandung akan sangat sulit untuk ikan lele beradaptasi. Lumut sendiri sangat berbahaya untuk ikan lele. Jika ikan lele terlalu banyak memakan lumut akan berakibat sangat fatal yaitu kematian masal.

Itulah beberapa syarat kolam dan air yang baik supaya lele bisa cepat beradaptasi. Mungkin beberapa poin tidak akan ditemukan diartikel lain karena ini berdasarkan pengalaman pribadi.


Emoticon Emoticon