Thursday, May 18, 2017

Ikan Lele Selalu Hilang Saat Panen, Berikut Alasannya

Kamu pasti pernah mendengar saat orang memelihara ikan lele selalu hilang saat panen  tinggal beberapa ekor saja. Atau mungkin kamu malah pernah mengalami sendiri. Misal tebar bibit 2000 ekor rencana akan panen 200 kilo ikan malah cuma tinggal tersisa 200 atau 300 ekor saja. Jengkel marah kecawa pasti lah ya. Kapok piara ikan lele lagi? Jangan donk he hee.

Banyak orang awam mengira hilangnya ikan tersebut karena berpindah tempat. Ada juga yang mengatakan ikan lele kamu diambil makluk halus. Atau banyak cerita mistik lainnya. Tapi sebenarnya semua itu tidak benar. Sebenarnya jawabnya sederhana ikan kamu hilang bukan karena pindah tempat atau diambil makluk halus, tetapi dimakan sesama ikan lele itu sendiri. Tidak percaya, berikut ini alasannya sesuai pengalaman pribadi menjadi petani lele selama lebih dari 5 tahun.

Ikan Lele Selalu Hilang Saat Panen


Orang awam jarang yang memahami jika sebenar bibit lele itu selalu ada yang bisa tumbuh lebih cepat dibanding ikan lainnya. Jika kamu memasukkan bibit 2000 ekor ke kolam, pasti ada dua atau tiga ekor yang akan tumbuh dua kali lipat lebih besar dari ikan normal. Ini lah yang menjadi masalah karena sifat ikan lele yang kanibal maka ikan besar tersebut akan mememakan sodaranya sendiri dan akirnya ikan tersisa sedikit saja. Ada beberapa faktor penyebab beberapa ikan tumbuh lebih cepat diantaranya karena faktor genetik, faktor adaptasi, faktor pemberian pakan. Ada beberapa cara mengatasi masalah ini

1. Pemberian pakan yang merata dan tidak berlebihan


Pemberian pakan merata ini adalah merata dari segi ukuran dan jumlahnya. Logisnya begini, misal bibit lele yang kamu tebar adalah ukuran 3 - 4 berjumlah 2000 ekor pakan yang kamu berikan tentu pakan ukuran kecil yang bisa langsung ditelan ikan dengan jumlah cuma tiga atau empat sendok saja. Yang menjadi pada kebanyakan pembudidaya lele awam memberi makan bibit tersebut dengan tidak merata secara ukuran dan jumlah, kebanyakan yang ditemui adalah ukuran yang terlalu besar dan jumlah yang terlalu banyak.

2. Menebar bibit ikan lele yang terlalu kecil


Kebanyakan orang tidak berfikir jika menebar bibit ikan lele terlalu kecil akan memperbesar resiko hilangnya ikan karena dimakan sodaranya. Disarankan jika kamu masih awam namun punya niat memelihara ikan lele belilah bibit lele ukuran minimal 5-7. Ini mengurangi resiko hilangnya ikan karena dimakan sodaranya.

3. Faktor adaptasi 


Ini adalah masalah yang sangat jarang diketahui pemelihara ikan lele baru. bahwa bibit ikan yang ditebar itu harus melalu proses adaptasi selama tujuhari pertama. Ada bibit ikan yang langsung beradaptasi ada yang butuh beberapa jam atau beberapa hari. Lebih jelasnya bisa dibaca artikel tentang Tehnik rahasia membuat bibit lele cepat beradaptasi.

4. Griding ( sortir )


Solusi yang terakir jika kamu sudah terlanjur menebar bibit yang terlalu kecil adalah dengan melalakukan sortir bibit. Sortir ini bisa dilakukan dua minggu hingga tiga minggu dari pertama tebar. Pastikan saat melakukan sortir ikan lele dalam kondisi sehat karena akan mengurangi resiko kematian. Untuk lebih detail cara sortir ikan lele silahkan baca Tehnik paling praktis sortir bibit ikan lele.

Itu tadi alasan dan solusi untuk masalah ikan lele yang selalu hilang saat panen.


Emoticon Emoticon