Monday, December 19, 2016

Wisata Dieng Wonosobo, Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Wisata Dieng Wonosobo, Yang Sayang Untuk Dilewatkan. Sejak dulu dataran tinggi yang satu ini memang memiliki daya tarik yang luar biasa. Wisata alam yang disajikan di lokasi ini sungguh membuat orang selalu rindu untuk kembali. Pesona yang luar biasa ditawarkan ditempat ini. Lebih dari sepuluh lokasi menarik dapat ditemui di dataran tinggi ini.

Wisata dieng tujuan yang tepat untuk liburan dengan suasana romantis yang tidak terlupakan. Selain tempat yang indah, akses yang mudah sarana dan prasarana di lokasi wisata ini sangat lengkap. Tidak salah jika banyak turis lokal maupun turis mancanegara datang kelokasi ini. Hawa sejuk dan panorama yang indah  menjadi magnet luar biasa yang bisa menyedot ribuan turis lokal maupun internasional. Mari kita lihat apa saja yang unik dari wisata dieng ini sendiri.

Batu Ratapan Angin


Wisata Dieng Wonosobo

Nama yang sedikit berbau mistis, tapi tenang ini tidak berkaitan dengan mistis. Tempat wisata ini di berinama batu ratapan angin karena saat angin berhembus kencang dilokasi ini akan terjadi resonansi antara angin dan celah batu dan menimbulkan suara siulan, Dari lokasi ini bisa di lihat pemandangan danau dengan beberapa warna berbeda yang sangat cantik dibawahnya.


Telaga Pengilon dan Telaga Warna


Letak dari kedua telaga ini bersebelahan namun meski bersebelahan warna kedua telaga ini sangat berbeda. Telaga warna memiliki warna pekat karena kandungan belerang yang tinggi. Sedangkan telaga pengilon memiliki warna yang jernih seperti cermin. Goa alam di sekitaran telaga ini juga menjadi bonus keindahan yang dapat dinikmati

Kawah Sileri


Kawah ini adalah kawah aktif yang memiliki luas kurang lebih empat hektar. Dari kawah ini selalu mengepul asap putih yang menjadikan pemandangan kawah ini lebih menawan. Dalam bahasa jawa leri berarti air bekas cucian beras. Mungin nama kawah ini Sileri karena air didalam kawah ini berwarna putih kental seperti warna air bekas cucian beras. Dari komplek wisata dieng kawah sileri ini berjarak kurang lebih tuju kilometer.

Candi Arjuno


Komplek candi Hindu ini masih sangat terjaga kelestariannya. Terletak di tengah kawasan wisata candi arjuno mempunyai lima buah candi utama. Nama candi utama tersebut antara lain Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Sembodro, Candi Puntodewo, dan Candi Arjuno sendiri. Disetiap dinding candi utama ini terdapat relief yang mengisahkan kisah pewayangan yang berbeda beda, yang merupakan penggalan dari kisah utuh Mahabarata.


Kawah Sikidang Dieng


Untuk Anda yang malas berjalan kaki menikmati kawasan wisata kawah sikidang dapat dilakukan dengan menunggang kuda yang bisa disewa dari warga sekitar. Kawah ini merupakan kawah fulkanik aktif karena letaknya sendiri berada di gunung sumbing yang merupakan gunung berapi aktif. Anda akan disuguhkan pemandangan asap putih yang selalu mengepul dari pusat kawah. Kandungan belerang yang keluar bersama asap di kawah Sikidang boleh dikatakan cukup tinggi jadi disarankan untuk Anda yang ingin mampir berkunjung ke kawasan wisata dieng ini agar membawa masker penutup hidung. Lebih banyak informasi goegrafis tentang dieng cek: https://id.wikipedia.org/wiki/Dieng


Bukit Sikunir


Berlokasi di desa sembung yaitu desa yang merupakan desa yang terletak paling diseluruh pulau jawa. Apa istimewanya bukit Sikunir ini? Disini terdapat golden sunrise yang sangat menawan yang sangat jarang ditemukan ditempat lain. Untuk bisa puas menyaksikan sunrise dan menikmati keaindahan alam disini disarankan para pengunjung tidak datang hari minggu atau hari-hari libur. Karena pada hari minggu atau hari libur kawasan ini akan penuh sesak didatangi waisatawan.

Telaga Mardada


Selain dua telaga yang disebutkan diatas yaitu telaga warna dan telaga pengilo ada lagi satu telaga yang terletak di kawasan wisata dieng. Telaga Mardada arti nama telaga ini saya sendiri juga tidak tahu. Yang pasti telaga yang berada ditengah perbukitan ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Untuk Anda yang gemar memancing mampir ketelaga ini sambil membawa joran pasti akan memberikan pengalaman tak terlupakan. Dibandingkan kedua telaga sebelumnya si Mardada ini yang paling luas.

Foto detail lokasi sengaja tidak dicantumkan agar pembaca datang sendiri membuktikan

Terlalu asik menceritakan keindahan tempatnya malah lupa memberi informasi rute kelokasi. Untuk kelokasi ini bisa ditempuh melalu jalur darat dengan menggunakan kendaran umum ataupun kendaraan pribadi. Start rute bisa dimulai dari jogja, magelang, solo atau pun dari semarang. dari semuarute itu langsung ke wonosobo barulah mencari rute ke kawasan wisata Dieng Wonosobo.


Emoticon Emoticon