Monday, November 21, 2016

Nikmatnya Wisata Kulier Kota Tahu Kediri Jawa Timur

Kediri merupakan salah satu tujuan wisata didaerah jawa timur,dan yang menjadi iconnya adalah monument simpah lima gumul. Selain itu wisata alam Kediri juga sangat beragam seperti air terjun irenggolo,gua selomangkleng dll. Jika anda sedang berwisata dikota tahu jangan lupa untuk merasakan nikmatnya kuliner Kediri. Apalah artinya jalan-jalan jika tidak memanjakan lidah. Ditempat ini banyak menu makanan yang unik dan menggugah selera. Biar anda tidak kebinggungan untuk mencari tujuan wisata kuliner  saat berada dikediri,saya akan memberikan beberapa referensi kuliner didaerah Kediri.

Berikut ini merupakan kuliner khas kota tahu yang sudah mengoyang lidah saya :

Kuliner Kediri Soto Ayam Tamanan



Saat musim penghujan seperti sekarang ini sangat cocok untuk menikmati makanan yang berkuah dan pedas. Soto bisa menjadi pilihan yang tepat,didaerah Kediri ada kuliner soto tamanan yang sangat lezat dan wajib anda coba jika sedang plesiran disana. Tidak seperti soto ayam pada umumnya yang menggunakan kuah bening, soto khas tamanan ini menggunakan santan yang bisa menambah rasa gurih jika dimakan. Keunikan lainnya adalah menggunakan cabai utuh yang direbus yang disajikan tanpa diulek. Jadi jika ingin soto pedas kita tinggal reques berapa banyak cabai,lalu kita haluskan sendiri dimangkok dengan menggunakan sendok. Pedasnya cabai rebus lebih nendang dan mantap dibandingkan yang sudah menjadi sambal.

Tempat soto  yang paling terkenal dan selalu ramai pengunjung berada di Terminal Tamanan Mojoroto Kediri,lebih dari satu penjual soto yang siap untuk memanjakan lidah. Untuk bisa menikmati seporsi soto tamanan kita hanya perlu membayar Rp 5.000,- saja,selain itu juga disediakan lauk tambahan seperti ayam bakar,sate telur puyuh,krupuk  dengan berbagai pilihan minuman.

Kuliner Kesdiri Mie Ayam Malioboro Pasar Bandar


Berdasarkan lidah saya dikediri mie ayam yang paling enak adalah mie  ayam malioboro pasar Bandar tepatnya di Jl K.H Wahid Hasyim Kediri (ruko pasar Bandar ). Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung,buka dari jam 10.00 – 16.00 WIB,tapi jika pengunjung yang datang banyak jam 14.00 sudah kehabisan. Mie ayam ini isinya mie, sawi,daging ayam dengan kuah kuning kecoklatan dan memiliki citarasa yang sangat  lezat dan berbeda dari mie ayam lainnya. Untuk menjaga citarasa mie ayam malioboro disana tidak diperbolehkan memesan untuk dbawa pulang,jadi harus dimakan disana. Satu porsi mie ayam dibandrol harga Rp 5.000,- kita sudah bisa menikmati semangkok mie yang kaya rasa. Saran saya jangan datang mendekati jam makan siang karena sangat ramai pengunjung dan terkadang bangku yang disedikan tidak memenuhi jadi wajib sabar dan mengantri.

Kuliner Kediri Pecel Tumpang Jl Dhoho



Jalan dhoho merupakan jalan kuliner wajib kota Kediri .Yang sangat terkenal dari Jl Dhoho adalah Nasi pecel tumpang.  Berbeda dengan nasi pecel Madiun,disini nasi pecel disajikan dengan cara nasi diberi lalapan sayur kemudian disiram dengan sambal tumpang dan peyek.Ciri khasnya adalah disajikan dengan aneka sayuran yang direbus,sedangkan sambal tumpang berasal dari rebusan santan,cabai,bumbu serta tempe yang sudah difermentasi biasanya disebut tempe bosok semakin menambah kenikmatan pecel tumpang. Cara menyajikannyapun juga sangat unik tidak menggunkan piring melainkan pincuk yang terbuat dari daun pisang dan bisa dinikmati dengan sendok atau tangan.

Nasi pecel ini buka dari jam 17.00 sampai malam,semakin malam semakin ramai pembeli. Satu porsi nasi pecel hanya Rp 3.500,- sangat murah ,kenyang dan nikmat dilidah maupun kantong.

Kuliner Kediri Sate Emprit Mbah Darmo


Burung emprit yang biasanya menjadi musuh bagi para petani karena memakan padi teryata bisa menjadi olahan masakan yang sangat lezat ditangan mbah darmo. Diwarung mbah darmo menyedikan menu yang bahannnya dari daging  burung emprit. Burung emprit yang besarnya tidak kurang dari besarnya jempol kaki orang dewasa ini ditusuk-tusuk menjadi sate yang sangat lezat dengan sambel kacang  semakin terasa mantap. Saat daging burung emprit berpadu dengan bumbu kacang menjadi sensasi yang unik hampir mirip daging ayam namun lebih gurih. Sate emprit ini warnanya coklat,teksturnya tidak lengket tanpa lemak dengan aroma rasanya yang kuat semakin menambah kenikmatan dari sate emprit. Dan ini juga termasuk dalam salah satu wisata kuliner unik.

Warung mbah darmo buka mulai pukul 16.00 – 21.00 saja . untuk menikmati sate emprit ini hanya perlu membayar Rp 18.000 yaitu 10 tusuk sate emprit dan seporsi nasi putih. Selain menu utama sate emprit warung mbah darmo juga menyedikan menu unik lainnya seperti krengsengan emprit,sate biawak,krengsengan biawak,sate kalkun,sate kambing,soto daging dan ayam bakar dengan harga yang terjangkau. 

Bagaimana?apa anda sudh tertarik untuk menikmati kuliner dari kota tahu ?jangan lupa ajak keluarga,saudara,teman,pacar anda untuk menikmati wisata kuliner nikmat dan lezat kota Kediri. Saya jamin tidak akan mengecewakan.


Emoticon Emoticon