Friday, August 12, 2016

Manisnya Bisnis Kudapan Part 1

Manisnya Bisnis Kudapan Part 1-Kudapan merupakan kelompok makanan ringan yang sangat beranekaragam jenisnya, dapat berbentuk makanan kering, makanan basah, bubur ataupun minuman. Kudapan ini bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan dengan modal kecil namun bisa mendapatkan untung besar. Usaha kudapan termasuk usaha yang sudah eksis sejak lama. Masing-masing daerah dan suku di Indonesia memiliki aneka rupa kudapan tradisional  yang menarik. Bagi orang-orang yang tinggal di kota, sering merasa rindu akan makanan ringan khas daerah mereka masing-masing.


Dengan kondisi seperti ini peluang usaha kudapan akan terus diminati. Belum lagi kudapan sangat cocok untuk hidangan rapat di kantor-kantor, yang akan menambah panjang daftar potensi pengembangan bisnis ini. Bagi pemula tidak salah untuk mencoba memulai bisnis ini  kita tak perlu bisa membuat kudapan itu sendiri, atau repot-repot belanja ke pasar untuk membeli barang dagangan. Meskipun di awal usaha kita bisa saja memulai dengan kulakan dulu ke pasar, namun demikian setelah usaha kita jalan maka akan banyak para pembuat kue jajanan pasar  baik skala rumahan maupun skala besar yang dengan sukarela menitipkan jualannya kepada kita , istilahnya adalah konsinyasi. Dengan sistem konsiyasi ini resiko rugi lebih kecil.
Hal-hal yang harus disiapkan untuk memulai bisnis kudapan Part 1  :
Tempat, Pilih tempat yang strategis dekat jalan raya atau sekolahan. Jika kita sewa teras seperti Alfamart, Indomart dll biayanya sekitar 350ribu/bulan. Biaya sewa tempat akan lebih murah jika kita  bisa membuka di depan teras orang atau bahkan rumah sendiri.

Meja , mulailah dengan satu meja dengan lebar 1-1,5m. Meja ini fungsinya untuk mendisplay aneka kudapan yang kita jajakan.

Box Makanan, ini yang menjadi etalase bisnis kita , semeja itu bisa muat kira-kira  10-12 box,  siapkan 20 box sebagai langkah permulaan.

Kemasan, ini merupakan pilihan, kita  bisa memulainya dengan kemasan plastik bening atau kotak kardus polos untuk mengemas jualan kita ke pelanggan.

Spanduk, kita  cukup datang ke tukang spanduk dan mintalah dia mendesainkan untuk bisnis kudapan kita, buatlah ukuran secukupnya sekitar  2 meter  yang penting menarik dan terlihat jelas .

Brosur atau Kartu Nama, siapkan brosur atau kartu nama bisnis yang kita jalankan agar para pelanggan kita lebih mudah untuk menghubungi kita jika melakukan orderan kudapan yang mereka inginkan.

Mulailah dengan menjual kue tradisional yang paling populer dan paling laris. Lakukan riset kecil-kecilan di penjual kue tradional yang sudah ada di sekitar kita , tanyakan mana yang paling favorit atau jika kita  agak sungkan pura-puralah membeli dan meminta penjual untuk memilihkan jajanan yang paling laris dicari orang, belilah satu-satu saja. Misal satu kue seharga Rp 500,- kita  bisa menjualnya lagi seharga Rp 1000,- jika pembeli membeli dalam jumlah banyak pastikan selalu memberikan diskon agar pembeli senang dan repeat order dikemudian hari.



Emoticon Emoticon