Wednesday, December 16, 2015

Kebiasaan sederhana gaya hidup ramah lingkungan


gaya hidup

Kebiasaan sederhana gaya hidup ramah lingkungan. Sepertinya kata-kata ini masih sangat asing terdengar ditelinga orang orang. Nyayanya sayamelakukan  riset kata kunci ini digoogle  hanya puluhhan orang yang  melakukan pencarian setiap bulannya. Entah karena ketidak sadaran mereka artipenting lingkungan untuk diri sendir atau entah karena faktor lainnya. Tetapi meskipun seperti itu sebenar kita sebagai manusia hendaknya segera sadar, bahwa sebenarnya gaya hidup yang selama ini kita jalani lebih besar kearah tidak ramah lingkung dan itu bisa berakibat buruk ke diri kita sendiri suatu saat nanti.

Gaya hidup ramah lingkungan selama ini memang selalu terabaikan mungkin karena kebiasan buruk yang tidak ramah lingkungan sudah melekat terlalu dalam diotak kita jadi untuk mempernaikinya menjadi sangat sulit dan berat.  Namun apapun itu alasannya tidak dapat dibenarkan jika kita terus terusan melakukan gaya hidup yang tidak ramah lingkungan. Marilah kita mulai menjalankan kebiasaan sederhana gaya hidup ramah lingkungan berikut ini 

Hemat listrik



Dinegara maju seperti jepang budaya hemat listrik ini sudah sangat melekat diotak penduduknya. Tetapi dinegera berkembang seperti Negara kita Indonesia ini penduduknya masih sangat meremehkan kebiasaan hemat listrik. Sebagai contohnya cara sederhaname hemat listrik ini adalah mematikan lampu, tv, pendingin ruangan saat tidak digunakan, dan juga mengganti bola lampu bohram atau lampu pijar, dengan lampu CFls dan lampu LED. Jika dihitung dari segi harga lampu CFLs dan LED memang lebih mahal harga belinya jika diabndingkan lampu bohram. Tetapi kedua jenis lampu ini lebih hemat energy dan lebih tahan lama. Dan untuk pemakain jangka panjang akan bisa dihitung bahwa gaya hidup ramah lingkungan jauh lebih menguntungkan.

Menggunakan moda transport tasi yang ramah lingkugan


Topic penggunaan moda transportasi ramah lingkungan ini sering dibahas didalam forum-forum. Tetapi kesadaran manusia tentang gayah hidup ramah lingkungan masih kalah dengan nikmatnya hidup praktis dengan menggunakan ,oda transportasi yang tidak ramah lingkungan dan memilih menggunakan alat transportasi pribadi dibanding menggunakan moda transportasi masal. Memilih menggunakan kendaraan bermotor dibanding menggunakan sepeda. Yam au bagaimana itu pilihan masing masing tetapi setidaknya jika pilihan dijatuhkan pada moda transportasi pribadi setidaknya pemakai harus sadar untuk selalu menjaga kendaraan dalam kondisi prima agar bisa mengurangi emisi gas buang kendaraan.

Menggunakan mesin cuci secara maksimal



Maksudnya adalah selalu menggunakan kapasitas maksimal mesincuci saat mencuci dengan tujuan agar penggunaan air dan listrik dapat ditekan seminimal mungkin. Dan disarankan mencuci dengan air dingin saja karena mencuci menggunakan air hangat akan membutuhkan tambahan energy yang tidak sedikit, bukankah mencuci dengan air dingin atau air hanghasilanya juga sama. Ingatlah sumber air bersih dimuka bumi ini mulai terbatas jadi dengan menjalankan gaya hidup ramah lingkungan sama dengan kita menjaga bumi ini dan segala sumberdaya yanga ada didalamnya.


Menggunakan air minum isi ulang


Cara ini lebih ramah lingkung dibandingkan jika kita selalu ngkonsumsi air minum kemasan. Bayangkan berapa perbandingaen energy yang bisa dihemat jika benyak orang lebih memilih menggunakan air minum isi ulang. Jutaan botol air minum tidak harus dibuat terus menerus energy untuk proses pengangkutan akan berkurang drastic dan limbah yang dihasilkan juga bisa ditekan seminimal mungkin.


Menghabiskan makanan yang sudah dipesan


Ini merupakan sebuah cara sederhana. Dengan menghabiskan makana yang kita sudah pesan kita akan lebih banyak meng hemat. Menghemat energy saat memasak dan menghemat lebih banyak uang belanja. 

Cukup sederhana dan mudah bukan. Ini merupakan keawajiban yang harus kita lakukan untuk menjaga alam semesta. Jika kita tidak melakukan segera kebiasan baik ini alam tempat tinggal kita ini akan segera rusak penuh dengan sampah dan tentu polusi yang akan kita dapatkan. Terus jika ala mini rusak dari sekarang apa yang akan kita sisakan untuk anak cucu kita nanti. Semoga artikel tentang kebiasaan sederhana gaya hidup ramah lingkungan ini bermanfaat , dan jangan lupa share agar bisa bermanfaat untuk orang lain. #Gaya hidup