Thursday, May 1, 2014

4 Sebab Bayi Menangis Yang Wajib Diketahui Bunda

Tangis bayi terkadang membuat kita merasa lebih sayang kepadanya, ada yang mengartikan bahwa tangisan bayi adalah sehat, karena dengan menangis bayi menggerakkan semua anggota tubuh, sehingga bisa di artikan olahraga untuknya, selain itu tangisan pada bayi ternyata mempunyai peran penting demi mempertahankan kehidupanya. Dengan cara menangis, semua organ dalam tubuh belajar menerima kondisi baru dunia nyata. Seperti organ  paru- paru belajar untuk bertahan lebih kuat dengan menghirup udara bebas, serta menyaring dan mengeluarkan udara pernapasan yang di dapat.
bayi
ilustrasi bayi menangis

Selain itu dengan menangis bayi belajar berkomunikasi dengan lingkungan sekitar terutama kepada orang tuanya. Berikut ini  tangisan pada anak bayi anda yang perlu di cari apa penyebabnya :

1. Bayi  Lapar


Tak ubahnya seperti orang dewasa, pada saat lapar bayi akan menangis dengan ciri khas tangisanya terdengar lebih keras, dan terjadi beberapa kali dalam sehari.
solusinya : segera tenangkan tangisanya dengan memeluk dan mencium sampai tangisanya reda, dan segera berikan asi kepadanya ataupun makanan.

2. Merasa Ada yang Mengganggu


Rasa kurang nyaman pada bayi terutama pada anggota tubuh membuatnya terganggu dan menangis. kadang- kadang tangisan ini mempunyai ciri khas tersendiri seperti kesakitan dan sulit sekali di diamkan, segera periksa semua anggota tubuh, bisa terjadi karena gigitan serangga seperti semut. Untuk itu sebelum menidurkan anak bayi anda , harap membiasakan diri untuk selalu membersihkan tempat tidurnya.
Terutama bekas susu yang pernah tertumpah sehingga mengundang perhatian serangga untuk datang.

3.  Bayi Kolik


Tangisan bayi kolik biasanya terjadi  waktu menjelang malam tiba, tangisanya susah di redakan, bahkan terkadang orang tua sampai ikut menangis di buatnya. Biasanya tangisan ini sering terjadi saat umur bayi baru sekitar 2 sampai 3 minggu. Ada 2 versi yang menyatakan tangisan ini yakni versi kepercayaan yang menyebutkan bahwa ada gangguan tersendiri dari makhluk halus dan juga versi kedokteran yang menyatakan ada rasa sakit pada anggota tubuh. Solusinya segera dekap bayi anda dan pijat perutnya dengan kelembutan. saat malam menjelang dekap bayi anda dalam pangkuan serta membaca do'a. Namun tangisan ini biasanya akan hilang dengan sendirinya saat usianya menginjak 3 sampai 4 bulan.

4. Bayi sakit.


Penyebab bayi menangis  bukan hanya terasa panas dan meningkat suhu badan, hal yang paling jarang di ketahui penyebab bayi menangis adalah saat perut bayi kembung. Sehingga tak jarang orang tua tidak mengetahui penyebabnya. Segera balurkan minyak telon atau sejenisnya untuk mengeluarkan angin yang menjadi penyebab perut kembung. Untuk itu apabila anda mempunyai seorang anak bayi, jangan sampai melupakan jenis minyak telon dan siapkan selalu di sampingnya